Tugas 1 Pemograman Berbasis Objek (Chapter 8 Classes and Objects : A deeper Look)

 Latihan Program Chapter 8 : (8.1-8.6)


8.1 Time1 Class Declaration Maintains The Time In 24-Hour Format.

Tujuan dari kodingan ini yaitu mendeklarasikan mengelola/mengubah waktu dari kelas Time1 menjadi ke format 24 jam.  Untuk contoh kodingan ini, terdiri dari dua kelas program yaitu Time1 dan Time1Test. Di kelas program Time1 ini menunjukkan ke time / waktu dari hari dalam format waktu 24 jam. Sedangkan untuk program kelas Time1Test merupakan sebuah pengaplikasian program kelas yang dimana main method-nya menciptakan suatu objek dari program kelas Time 1 dan juga memanggil method-nya. Untuk file proram kelas ini juga harus dideklarasikan menjadi sebuah file yang terpisah, karena program kelas tersebut merupakan suatu  kelas public dan bukan private. 

Source Code "Time1" :

8.2 Time1 Object Used In An Application.

Source Code "Time1Test" :

Dari kedua program source code kelas tadi yang sudah dibuat, jika di compile / di jalankan programnya, maka tampilan outputnya akan seperti ini :


8.3 Controlling Access To Members.

Di program ini di jelaskan bahwa setiap anggota kelas yang berinisial Private tidak bisa / tidak dapat diakses di bagian luar kelas. Misalkan ketika kita menjalankan program ini, compiler akan menunjukkan sebuah pesan yang berupa kesalahan atau disebut juga error messages, dan pesan ini menunjukkan bahwa private members tidak bisa di akses secara terbuka. Dalam program ini juga membutuhkan suatu source code dari langkah sebelumnya yaitu dari Time1.

Source Code "MemberAccessTest" :

Jika source code diatas dijalankan, maka compiler akan menunjukkan / menampilkan sebuah pesan error / error messages seperti ini :




Dari 3 gambar program diatas, terdapat kota pesan kecil berwarna hitam yang isinya adalah sebuah pesan, yang dimana variabel hour, minute dan second adalah private members yang sudah di akses privasi / private access  di dalam source code sebelumnya yaitu Time1 .

8.4 Referring to The Current Object's Members with The this Reference.

Dalam program kelas ini digunakan secara implisit dan eksplisit yang bertujuan untuk merujuk kepada anggota dari suatu objek. Setiap objek di dalam program kelas ini bisa mengakses reference ke dirinya sendiri menggunakan keyword "this".

Source Code "ThisTest" :

Jika source code diatas dijalankan, maka akan menampilkan output seperti berikut :


8.5 Time Class Case Study : Overloaded Constructors.

Seperti yang kita ketahui, kita dapat mendeklarasikan konstruktor / Constructors kita sendiri untuk dapat menentukan bagaiman sebuah objek kelas harus diinialisasikan. Selanjutnya, akan dijelaskan bagaiman dari suatu kelas yang memiliki beberapa kelebihan beban konstruktor / overloaded constructor yang memungkinkan objek kelas tersebut diinialisasi dengan cara yang berbeda. Untuk melakukan suatu overloaded constructors ini, kita cukup memberikan beberapa deklarasi konstruktor dengan Signature yang berbeda.

Berikut, inilah contoh source code dari program kelas "Time2" :

8.6 Overloaded Constructors Used to Initialize Time2 Objects.

Berikut, inilah contoh source code dari program kelas "Time2Test" :

Jika source code diatas digabungkan dan di jalankan dengan source code program kelas sebelumnya yaitu "Time2", maka tampilan output yang dihasilkan sebagai berikut : 




Sumber : Buku Java Deitel : "How To Program" - Ninth Edition

Komentar

Postingan Populer