Tugas 3 Pemrograman Berorientasi Objek "Auction Program"

 Tugas 3 : Auction Program / Auction System

Auction Program atau disebut juga Auction System adalah sebuah program kelas yang dimana program ini berfokus pada pelelangan sebuah barang dan sistem pelelangan ini juga bisa menggunakan sistem tawar menawar yang seperti biasa kita lakukan. Untuk mekanisme atau cara kerjanya yaitu kita memasukkan nama barang yang akan dilelang, misalkan barang tersebut berupa elektronik, pakaian, dsb. Setelah itu kita memasukkan harga tawaran pertama untuk barang yang akan dilelang, biasanya dimulai dari nilai tawaran yang sangat kecil lalu barulah dilakukan tawar-menawar kepada para konsumen yang ingin ikut lelang barang dan tujuan dilakukannya tawar-menawar barang ini supaya barang yang dilelang ini bisa terjual dengan harga tawaran yang sangat tinggi. Supaya program ini bisa berjalan dengan sempurana, maka dari itu kita membutuhkan sebuah diagram kelas, untuk diagram kelasnya sebagai berikut :

1. Class Auction  ini adalah kelas utama dari sebuah program pelelangan barang.

2. Class Bid ini adalah kelas untuk menampung nilai harga tawaran yang dilakukan oleh         seseorang yang ingin melakukan lelang sebuah barang.

3. Class Lot ini adalah kelas yang dimana bertujuan untuk mengecek dan menampung             barang2 apa saja yang akan dilelang kepada para konsumen.

4. Class Person ini adalah kelas yang berfungsi untuk identifikasi dan menampung identitas     dari penawar yang ikut pelelangan barang.

Untuk mengetahui bentuk diagram kelas dari Auction Program seperti apa, berikut adalah bentuk dari diagram kelasnya :



Selanjutnya, berikut adalah source code dari program Auction Program, dengan beberapa kelas yang sudah disebutkan diatas tadi.

1. Auction.java

Source Code  :

2. Bid.java

Source Code  :

3. Lot.java

Source Code  :

4. Person.java

Source Code  :

Langkah - langkah untuk melakukan pelelangan di program Auction ini yaitu sebagai berikut :

1. Class Auction.java harus di compile terlebih dahulu dan klik kanan pada diagram kelas Auction dan pilih opsi new auction() supaya bisa membuat diagram objek merah yang terdapat di bawah diagram kelas.

        


2. Setelah itu klik kanan pada diagram objek yang sudah dibuat dan pilih opsi void enterLot(String description) untuk memasukkan barang - barang apa saja yang akan dilelang.


3. Setelah Menambahkan barang - barang apa saja yang dilelang, selanjutnya kita akan mengecek apakah barang tersebut sudah terdaftar dalam sistemnya atau belum. Untuk mengecek - nya kita bisa klik kanan lagi pada diagram objek tadi dan pilih opsi void showLots(). Untuk hasil outputnya sebagai berikut(karena saya menginputkan dua kali yaitu Playstation 5 dan Xbox Series X, maka tampilannya akan mengeluarkan dua barang elektronik yang akan dilelang.) :


4. Karena masih belum ada penawar yang ikut lelang barang yang tadi sudah disebutkan, maka dari itu untuk selanjutnya, kita langsung ke Class Person.java untuk membuat data siapa saja yang ikut pelelangan barang, untuk caranya sama seperti di cara yang pertama yaitu di compile terlebih dahulu, setelah itu klik kanan pada Class Person.java dan pilih opsi new Person(String name). Setelah menginputkan nama penawarnya, maka akan muncul diagram objek berwarna merah lagi yang tandanya penawar yang ikut lelang barang sudah terdaftar dalam sistem.



5. Selanjutnya, lakukan penawaran barang, dengan catatan penawaran yang akan dicatat urutannya yaitu masukkan Id barang, penawar yang ikut lelang, dan nilai harga yang ditawar oleh penawar. Setelah itu kita mendapatkan informasi bahwa lot number 1 yang kita sudah input tadi sudah terdaftar.



6. Jika daftar barang tadi ada satu yang belum di tawar maka akan otomatis muncul "No bid". Misalkan jika ada penawar lain yang ingin ikut lelang dan menawar harga barang dengan nilai yang lebih tinggi dari tawaran sebelumnya, maka nanti yang akan dipilih yaitu tawaran yang paling tertinggi. Contoh kita membuat penawar lagi untuk ikutan lelang barang, lalu dia menginputkan nilai tawaran untuk barang 1 lebih tinggi dari tawaran seorang penawar lelang yang pertama, maka sistem akan mencatat dan mengambil nilai tawaran yang kedua / nilai tawaran yang tinggi. 



7. Langkah terakhir, untuk melakukan pemberhentian proses pelelangan bisa dilakukan dengan mengklik kanan pada diagram objek yang "TawaranBarang:Auction" dan pilih opsi void close(), dan maka akan menampilkan ouput seperti berikut.


Dengan ini sudah jelas bahwa barang1 yaitu Playstation 5 sudah terjual oleh penawar yang kedua dengan nilai tawaran sebesar 15000000, dan untuk barang2 yaitu Xbox Series X tidak ada terjadi penawaran lelang oleh pihak penawar.

Komentar

Postingan Populer