Tugas 5 Pemrograman Berorientasi Objek "Game World Of Zuul"

Pada kesempatan ini, saya akan menampilkan dan menjelaskan tentang sebuag game sederhana yaitu bernama World Of Zuul. Game World Of Zuul merupakan sebuag game petualangan atau disebut juga game adventure sederhana yang berbasis text. Konsep permainan ini yaitu para user atau player harus menemukan sebuah pintu atau petunjuk jalan keluar dari permainan ini. Adapun beberapa Class yang saya buat dalam aplikasi game ini adalah sebagai berikut :

1. Command.java kelas ini merupakan kelas yang menyimpan beberapa informasi tentang sebuah perintah yang akan ditunjukkan oleh user. Perintah ini terdiri dari dua buah string, yaitu kata perintah dan string detik dari kata.

2. CommandWords.java kelas ini merupakan kelas yang akan melakukan proses semua kata perintah yang dikenal di dalam game tersebut. Kelas ini juga digunakan untuk mengenali perintah saat kita mengetik.

3. Parser.java kelas ini merupakan kelas yang memiliki sekumpulan atau tempatnya dari kumpulan kata perintah yang diketahui. Pada kelas ini akan memeriksa masukan dari user terhadap perintah yang dikenal, dan misalkan jika user menginputkan bukan salah satu dari perintah yang diketahui, maka hal tersebut akan mengembalikan objek perintah yang ditandai sebagai perintah yang tidak terdefinisi atau tidak diketahui.

4. Room.java kelas ini merupakan kelas yang dimana sebuah Room atau disebut juga Ruangan akan mewakili satu lokasi dalam tampilan permainan. Ruangan ini akan terhubung pada ruangan lain melalui pintu keluar atau disebut juga Exits. Pada setiap pintu keluarnya akan diberi label sesuai arah petunjuk, seperti pintu utara, pintu selatan, pintu timur, dan pintu barat. Untuk setiap arahnya, ruangan akan menyimpan berbagai refernsi ke ruang sebelah, atau nol jika tidak ada jalan keluar dari arah tersebut.

5. Game.java kelas ini merupakan kelas utama yang nantinya akan membuat dan menginisialisasi dari semua kelas yang lain, seperti membuat semua ruangan pada gamenya, membuat parser dan juga memulai gamenya. Kelas ini juga mengevaluasi dan menjalankan perintah yang nantinya akan dkembalikan lagi ke kelas parser.

 Berikut ini, adalah contoh bentuk diagram kelas dari game World Of Zuul :


Berikut merupakan Source Code dari game World Of Zuul :

1. Command.java

Source Code :


2. CommandWords.java

Source Code :


3. Parser.java

Source Code :


4. Room.java

Source Code :


5. Game.java

Source Code :


Setelah membuat semua kelasnya, jika kita menjalankan program kelas utamanya yaitu Game.java, maka hasil Output - nya akan seperti ini:

Komentar

Postingan Populer