Aplikasi Login Panel

Berikut ini adalah penggambaran panel / tampilan Aplikasi dari Login yang pada nanti-nya akan dilakukan-nya  proses Login dari aplikasi tersebut. Pada aplikasi ini sesuai Source Code yang telah dibuat, hanya terdiri dari 1 Class saja yang bernama Login yang fungsinya nanti untuk melakukan proses jalan-nya login. Awal mula program ini, kita harus menuliskan atau mensetkan username dan password kita terlebih dahulu, setelah username dan password yang di set permanen dari awal sesuai maka akan muncul notifikasi "Login Successfull!!", dan apabila jika kita menuliskan username dan password-nya tidak sesuai, maka muncul notifikasi "Can't Login, Username/Password Incorrect!!". Dalam program aplikasi ini, terdapat hal-hal yang diperlukan saat dalam pembuatan aplikasi dengan basis GUI atau disebut juga Graphical User Interface, yaitu sebagai berikut :

1. Javax.swing.* : berfungsi sebagai mengembangkan aplikasi yang berbasis GUI dan juga java swing ini juga merupakan salah satu solusi dalam mengembangkan aplikasi berbasis GUI.

2.java.awt.* : berfungsi sebagai tempat untuk menyediakan sejumlah kelas yang nantinya untuk membuat GUI di program java.

3.java.awt.event.* : berfungsi sebagai fungsi import yang digunakan untuk memproses deklarasi dari Class event yang nantinya berisi komponen-komponen dari sebuah program yang telah dibuat, dan untuk mengambil semua file yang ada di package event yang dimana berada pada package java.awt.

Berikut merupakan penggambaran dari diagram object dan diagram class :


Dan berikut ini merupakan source code dari aplikasi Login :

Source Code :


Output :

1. Tampilan awal dari aplikasi Login

2. Tampilan jika username dan password yang dimasukkan benar

3. Tampilan jika username dan password yang dimasukkan salah

Komentar

Postingan Populer