Tugas Pemrograman Berorientasi Objek : Game Pong

Berikut merupakan program aplikasi game Pong atau disebut juga game Ping Pong klasik yang sudah dibuat dengan menggunakan bahasa Java. Pong adalah video game generasi pertama yang dirilis sebagai game arcade yang dioperasikan dengan koin yang dikembang-kan oleh perusahaan video game terkenal dari Amerika Serikat, yaitu Atari Inc. pada tanggal 29 November, 1972. Pong didasari dari permainan atau olahraga tenis meja (Ping Pong), nama permainan ini berasal dari suara yang dihasilkan ketika memukul bola ping pong tersebut. Kata Pong sendiri telah didaftarkan sebagai merek dari Perusahaan Atari Interactive.

Pong sendiri juga merupakan permainan / game olahraga dua dimensi yang mensimulasikan sebuah permainan tenis meja. Sang pemain menggerakan sebuat bat yang bergerak naik-turun, permainan ini dapat dimainkan secara bersama komputer / bot atau dua orang yang menggerakan bat di sebelah kiri. Cara bermain-nya sangat sederhana, yaitu pemain harus memukul bola tersebut ke arah lawan bolak-balik. Dan untuk memenangkan permainan ini, sang pemain harus memukul bola tersebut sampai sang lawan tidak bisa memukul bola tersebut.

Setelah dijelaskan apa itu permainan Ping Pong, selanjutnya yaitu mengimplementasikan permainan Pong tersebut. Adapun program Class yang digunakan untuk memenuhi jalannya sebuah program aplikasi permainan ini, diantaranya yaitu :

    1. Pong.java : Class ini merupakan kelas utama yang nantinya akan memuat semua                                         kelas yang ada.

    2. Paddle.java : Class ini merupakan kelas yang berfungsi sebagai pengaturan                                                      untuk bat Pong

    3. Ball.java : Class ini merupakan kelas yang berfungsi sebagai pengaturan untuk bola                                    Pong

    4. Renderer.java : Class ini merupakan kelas yang nantinya akan menjadi dasar dari                                                 panel atau tampilan dari aplikasi permainan Pong 

Berikut merupakan gambaran diagram Class dari aplikasi permainan Pong :


Setelah terbuatnya sebuah diagram Class aplikasi permainan Pong di atas, berikut merupakan hasil source code yang telah dibuat :

1. Pong.java

Source Code :


2. Paddle.java

Source Code :


3. Ball.java

Source Code :


4. Renderer.java

Source Code :


Selanjutnya, setelah terbuatnya bentuk source code dari aplikasi permainan Pong tersebut maka berikut merupakan hasil tampilan output-nya :


Komentar

Postingan Populer