Tugas Pemrograman Berorientasi Objek : "Exception Handling"

Berikut merupakan implementasi "Exception Handling" atau disebut juga sebagai penanganan pengecualian / error pada pemrograman java. Misalkan, jika pada suatu program java mendeteksi operasi yang tidak mungkin lagi untuk di jalankan, maka saat program berjalan akan muncul suatu notifikasi muncul, yaitu runtime error.

Exception Handling sendiri merupakan mekanisme yang paling diperlukan dalam menangani error yang terjadi pada saat program berjalan. Secara umum, Exception Handling dapat dilakukan dengan menggunakan keyword try-catch. Dan secara umum juga, terdapat adanya kesalahan / error yang terjadi pada program pada saat runtime dapat menyebabkan program tersebut berhenti atau disebut juga hang

Sebagai contoh, jika program tersebut mengakses suatu array menggunakan index yang out of bonds, maka program tersebut akan mendapatkan runtime error dengan ArrayIndexOutOfBoundsException. Atau misalkan juga, ketika program tersebut disuruh untuk memasukkan nilai dengan tipe double, akan tetapi program tersebut dirancang untuk menginputkan nilai dengan bertipe integer, maka program tersebut akan mendapatkan runtime error InputMismatchException. Pada program java, runtime error ini akan dilemparkan sebagai pengecualian-pengecualian atau disebut juga Exception.


Dan berikut merupakan diagram Class Exception Handling yang telah dibuat :


Dari diagram di atas, saya membuat 2 buah Class, yang pertama yaitu Class Pembagian.java. Pada Class ini berisikan program pembagian suatu nilai yang dimana tidak menggunakan Exception Handling. Yang kedua yaitu Class PembagianPakaiIF.java, pada Class ini berisikan program sama yaitu program pembagian suatu dengan nilai tetapi menggunakan Exception Handling dengan cara metode percabangan If.

Berikut contoh source code program pembagian yang tidak menggunakan Exception Handling.

Source Code :


Dari source code diatas, saya telah membuat 2 output test case yang sama untuk dijalankan programnya dengan menginputkan nilai yang berbeda, yang pertama nilai 0 dan 0, dan juga nilai 1 dan 0. Dan hasil yang di dapatkan dari kedua test case tadi adalah sebuah pesan yang berisikan error dikarenakan nilai integer tidak bisa dibagi dengan angka 0.


Berikut contoh source code program pembagian yang menggunakan Exception Handling.

Source Code :

Sama seperti source code sebelumnya, pada source code diatas saya juga telah membuat 2 output test case yang sama untuk dijalankan programnya dengan menginputkan nilai yang berbeda, yang pertama nilai 0 dan 0, dan juga nilai 1 dan 0. Dan hasil yang di dapatkan dari kedua test case tadi adalah tidak berisikan pesan error, melainkan pesan atau statement yang berisikan "Angka pembagi tidak boleh nol!!!".

Komentar

Postingan Populer